CHAIN CONVEYOR 2


Pentingnya Pengangkutan Dengan Chain Conveyor Chain conveyor merupakan alat transportasi yang langsung bersentuhan dengan permuka kerja dan chain conveyor ini tidak boleh tidak ada dalam ekstraksi batu bara secara mekanis dengan drum cutter. Di Ikeshima Coal Mine juga sudah digunakan sejak dimulai produksi batu bara komersial pada tahun 1959. Chain conveyor sendiri pada tahun 1903 sudah diproduksi oleh Parson Chain Company. Seiring semakin majunya teknologi penambangan maka daya dari chain conveyor pun makin berkembang, sistem rantainya berubah dari side chain menjadi double center chain, dan daya yang pada awalnya 40 kw menjadi 450 kw atau lebih. Tegangan listrik yang digunakan juga meningkat dari 500 v ke 1100 v. Contoh chain conveyor dengan spesifikasi utama daya motor listrik 100 kw dan 450 kw

Beberapa alasan digunakannya chain conveyor yaitu:

·              Daerah penerapan angkutannya luas, pengoperasiannya akurat dan daya tahannya tinggi.

·              Karena instalasinya langsung menyinggung permuka kerja, sebagian besar batu bara masuk sendiri ke dalam conveyor, sisanya dapat dimasukkan hanya dengan menggaruknya, sehingga dibandingkan dengan alat  lain, tenaga kerja untuk pemuatan sangat sedikit.

·              Pemindahan instalasi dapat dilakukan dalam keadaan terakit dan mesin dijalankan, dengan menggunakan shifter dan dongkrak, sehingga mampu melakukan ekstraksi batu bara secara kontinu.

·              Ketinggian conveyornya pendek karena return chain lewat di bawah trough, sehingga pada ekstraksi batu bara lapisan tipis juga tidak menghalangi pekerjaan.

·              Karena troughnya kokoh, alat-alat berat seperti cutter, coal plough dan loader dapat digunakan secara efektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s