WIDYAISWARA SUCCES PRESENTATION(2)


Sukses dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting, itulah yang menjadi tujuan widyaiswara ketika berada didepan kelas. Keberhasilan ini tidak akan terlepas dari berbagai elemen dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tranfer knowledge dan transfer expert harus dicapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan ini tidak akan terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan didalam  kelas, yaitu diantaranya:


Peserta

Kondisi peserta harus disadari oleh seorang widyaiswara, karena mereka mempunyai motivasi yang berbeda beda tergantung tujuan masing masing, ada yang benar benar ingin belajar bahkan ada yang hanya untuk melepaskan diri dari rutinitas kerja, minat tidak jauh berbeda dengan motivasi, tiap peserta yang datang dari berbagai daerah mempunyai minat yang berbeda pula, dalam kediklatan peserta sudah dewasa sehingga tahu mana materi yang dibutuhkannya atau mana yang tidak dibutuhkan yang akan selalu dikaitkan dengan pengetahuan mana yang akan menunjang dalam kerjanya,  latar belakang pendidikan juga akan mempengaruhi kondisi peserta, karena itu seorang fasilitator haruslah mengetahui kondisi awal sebelum memberikan materi termasuk latar belakang pendidikan peserta sehingga proses pembelajran dapat berjalan dengan baik.

 

Widyaiswara

Kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik mutlak dibutuhkan, maksudnya bahwa seorang widyaiswara harus bisa menjadi komunikator dan komunikan yang baik, atau bisa menjadi pembicara dan pendengar yang baik. Kemampuan menguasai materi harus dimiliki oleh seorang widyaiswara, meskipun dalam proses pembelajaran selalu ada yang lebih baik atau lebih berpengalaman maka kemampuan seorang widyaiswara untuk saling memberikan sharing pengalaman sangatlah dibutuhkan, kesabaran widyaiswara sebagai fasilitator dalam menghadapi berbagai karakter dan pribadi yang berbeda beda dari peserta diklat juga sangat diperlukan sehingga pengelolaan kelas dapat berjalan dengan baik, kemampuan mengelola kelas harus dimilki oleh seorang widyaiswara sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

 

Lingkungan

Faktor lingkungan memegang peran yang sangat penting dikarenakan akan berpengaruh terhadap kenyamanan fisik, akibatnya membuat peserta merasa lebih menikmati dan jika sudah menikmati maka akan lebih fokus dan konsentrasi.

 

Seperti dalam kata kata bijak yang dikemukakan oleh Conficius dari Cina:

I hear I forget, I see I remember, I do I understand, maka seorang widyaiswara dalam menyampaikan presentasinya harus diingat bahwa jika peserta mempraktekan maka akan dimengerti oleh peserta.

Namun adapula anekdot yang mengatakan ‘sedikit belajar sedikit lupa, banyak belajar banyak yang lupa’.

 

TAMPILAN SLIDE PRESENTASI

 

Sudah sangat umum bahwa seorang widyaiswara dalam memberikan materinya melalui audio visual berupa power point atau slide. Peserta bisa fokus ke materi jika slide yang ditampilkan menarik bagi peserta, karenanya diperlukan ketrampilan widyaiswara untuk menampilkan berbagai bentuk slide yang menarik dan tidak menjemukan bagi peserta. Tampilan slide bisa di tambah dengan animasi maupun film yang relevan dengan materi yang disajikan. Pilihan warna yang sesuai dan enak dipandang. Jumlah kata kunci yang ada dalam sebuah slide tidak berlebihan yaitu sepuluh baris dalam satu slide sehingga ukuran huruf dari kata juga sesuai dengan standar, tidak terlalu kecil.

 

Slide merupakan alat bantu yang digunakan oleh widyaiswara, dosen, presenter atau orang lain yang melakukan presentasi baik itu materi kuliah, diklat, marketing atau materi seminar. Slide hanya memuat kata kata kunci, bukan copy paste dari sebuah makalah, maka harus dipilih kata kata kunci saja dan kewajiban  widyaswara, atau orang yang melakukan presentasi untuk mengembangkannya. Karena itu sangat terkait dengan  alinea sebelumnya bahwa seorang presenter atau widyaiswara harus menguasai materi yang dibawakannya. Banyak buku yang membahas cara pembuatan slide dengan program power point atau menggunakan flash media.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s