WIDYAISWARA SUCCESS PRESENTATION(3)


APA CIRI WIDYAISWARA YANG BAIK

 

Ketrampilan mengajar didepan kelas dari widyaiswara adalah kemampuan hasil dari pengalaman, atau bisa diambil dari berbagai informasi yang sudah dialami oleh orang lain sehingga bisa untuk  mengembangkan kemampuan mengajar seorang widyaiswara. Seorang widyaiswara yang intelektualnya tinggi belum tentu mampu memberi pengajaran yang baik, karena itu selain intelektual juga dibutuhkan kemampuan dalam menyampaikan informasi secara tepat serta kemampuan dalam mengkomunikasikan sebuah gagasan. Dalam subbab – subbab berikutnya akan dibahas mengenai seorang widyaiswara yang baik yaitu yang menguasai hal hal berikut:

Menguasai landasan pendidikan

Landasan pendidikan berikut merupakan landasan bagi sesorang dalam memberikan pengajaran sehingga bisa mengembangkan kondisi yang optimal dalam penyampaian sebuah materi. Dengan menguasai landasan pendidikan maka transfer knowledge dan transfer expert akan dapat berjalan dengan baik.

Memahami peserta didik

Seorang widyaiswara yang sukses dalam menjalankan tugasnya harus menyesuaikan diri dengan kondisi peserta didiknya. Widyaiswara yang sukses lebih berminat kepada peserta didik daripada kepada materinya, ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Walter Raleigh. Widyaiswara diusahakan harus menguasai masalah profesional, akademik, kemampuan berfikir, gaya belajar dan perilaku sosial peserta didik. Dengan memahami peserta didik maka proses belajar mengajar akan berjalan secara efisien dan efektif dan memang hal inilah yang menjadi acuan tercapanya tujuan pembelajaran baik tujuan pembelajaran umum maupun tujuan pembelajaran khusus.

 

Memahami kurikulum

Widyaiswara yang memberikan pembelajaran harus memahami kurikulum diklat yang sedang berjalan, tidak asal menyampaikan materi, sudah selasai sudah gugurlah kewajibannya. Bukan …bukan seperti itu seorang widyaiswara, harus punya tanggung jawab moral terhadap peserta dengan materi yang disampaikannya. Kurikulum yang sudah disusun bersama harus dipahami sehingga materi tidak kemana mana dan tujuan dari diklat dapat tercapai.

 

Memahami pengelolaan kelas

Pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan oleh widyaiswara untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif  dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Semua komponen yang ada didalam kelas harus mempunyai fokus dan tujuan yang sama untuk menghasilkan belajaran yang optimal. Antara widyaiswara dan peserta diklat harus terjalin hubungan yang akrab sehingga suasana yang tercipta ketika proses pembelajaran akan terasa menyenangkan. Jika pembelajaran dilakukan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan maka penyerapan materi oleh peserta akan terasa lebih mudah, suasana kelaspun akan lebih cair. Widyaiswara harus mampu membaca situasi dan kondisi peserta diklat, seorang widyaiswara harus tetap mengutamakan peserta atau kelas yang dikelolanya.  Peserta menjadi yang utama dalam hal ini, sehingga perhatian widyaiswara harus fokus kepada peserta, dengan demikian pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dalam suasana yang hangat tidak menegangkan.

 

Memahami manajemen pembelajaran

Peran penting yang dimiliki oleh  widyaiswara dalam mengelola kelas harus dijalankan sebaik baiknya. Di kelas ada peserta diklat yang harus dibina oleh widyaiswara untuk menerima dan menelaah secara bersama sama terhadap materi tertentu. Manajemen pembelajaran ini dilakukan untuk meminimalkan segala hambatan yang mungkin terjadi dalam proses pembelajaran sehingga tranfer pengetahuan dan transfer expert dapat berjalan optimal, widyaiswara harus bisa memfasilitasi keinginan peserta Sebagai mediator, widyaiswara harus mampu menggunakan berabagai media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dan materi dapat diserap dengan mudah oleh  peserta.

 

Penguasaan Materi

Seorang yang melakukan presentasi didepan audience akan lebih percaya diri jika menguasai materi.

Seorang widyaiswara sebaiknya hanya mengambil materi yang dikuasainya saja. Jangan menjadi MSI…..menguasai segala ilmu, tidak dikuasai asal ada materi diampunya juga…pepatah bilang main sikat main embat…

Dengan mengampu materi yang benar benar dikuasai, maka proses penyampaian kepada audience akan lebih mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s