widyaiswara success presentation (6)


KEHANGATAN DENGAN PESERTA

Suasana hangat yang tidak kaku dengan peserta itulah yang menjadi harapan dari proses penyampaian sebuah materi presentasi. Semakin kita mengetahui tentang audience kita maka semakin relevan dan semakin menarik presentasi yang kita lakukan. Bagaimana mungkin kita bisa menarik audience jika kita tidak tertarik terhadap mereka. Permasalahannya adalah bagiamana kita bisa menemukannya supaya kita apreciate terhadap audience? Dan bagiaman cara kita menemukenalinya?

Dengan pendekatan yang lebih mendalam terhadap audience akan lebih mempermudah dalam melakukan presentasi. Pendalaman terhadap audience ini dapat dilakukan dengan mengetahui latar belakang pendidikan, tempat dia bekerja, jenis pekerjaan yang sering mereka kerjakan dan lainnya yang bisa menunjang pengenalan kita terhadap latar belakang audience.

Permasalahan akan muncul ketika audience dalam jumlah yang banyak sehingga kita tidak mungkin menghafalnya. Sehingga perlu kita ambil garis besarnya saja.  Semakin kita mengenal audience maka akan semakin baik. Banyak sekali sebagai sumber informasi yang bisa digunakan untuk supaya presentasi anda sesuai dengan kebutuhan audience, jurnal – jurnal yang ada, website perusahaan, organisasi sosial, berita disurat kabar, kolega atau teman, termasuk kondisi audience itu sendiri. Jangan tutupi pengalaman anda sendiri dengan segala background anda sehingga presentasi yang anda lakukan berhasil dengan baik.

Penting untuk selalu dilakukan adalah fokus terhadap peserta anda sebagai pembicara atau pembawamateri harus selalu konsentrasi terhadap peserta, terhadap saran atau pertanyaan yang disampaikan oleh peserta sehingga anda bisa memberikan suasana sharing yang menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s