WIDYAISARA SUCCESS PRESENTATION (7)


PERSIAPAN

 

TAMPILAN SLIDE

Sudah sangat umum bahwa seorang widyaiswara dalam memberikan materinya melalui audio visual berupa power point atau slide. Peserta bisa fokus ke materi jika slide yang ditampilkan menarik bagi peserta, karenanya diperlukan ketrampilan widyaiswara untuk menampilkan berbagai bentuk slide yang menarik dan tidak menjemukan bagi peserta. Tampilan slide bisa di tambah dengan animasi maupun film yang relevan dengan materi yang disajikan. Pilihan warna yang sesuai dan enak dipandang. Jumlah kata kunci yang ada dalam sebuah slide tidak berlebihan yaitu sepuluh baris dalam satu slide sehingga ukuran huruf dari kata juga sesuai dengan standar, tidak terlalu kecil.

 

Slide merupakan alat bantu yang digunakan oleh widyaiswara, dosen, presenter atau orang lain yang melakukan presentasi baik itu materi kuliah, diklat, marketing atau materi seminar. Slide hanya memuat kata kata kunci, bukan copy paste dari sebuah makalah, maka harus dipilih kata kata kunci saja dan kewajiban  widyaswara, atau orang yang melakukan presentasi untuk mengembangkannya. Karena itu sangat terkait dengan  alinea sebelumnya bahwa seorang presenter atau widyaiswara harus menguasai materi yang dibawakannya. Banyak buku yang membahas cara pembuatan slide dengan program power point atau menggunakan flash media.

Tampilan yang ada dalam sebuah slide merupakan salah satu bentuk penyampaian kepada audiens supaya mudah menerima. Namun memori manusia berbeda beda kemampuannya ada yang bisa ingat terus ada yang mudah ingat namun mudah lupa.

Pada dasarnya ada empat tingkatan memori:

·         Memori jangka ultra pendek.

·         Memori jangka pendek.

·         Memori jangka menengah.

·         Memori jangka panjang

Manakah dari hal hal berikut yang mudah diingat bagi kita?

 

Kata kata yang diucapkan

Hitam dan putih

Kata kata yang ditulis

Gambar

Photo

Suara

Bau bauan

Perasaan

Irama

Musik

Tindakan

Tekstur

Rasa

Warna

Tempat

 

Dari beberapa referensi menyebutkan bahwa kata kata yang diucapkan, kata kata yang ditulis, hitam putih, merupakan hal hal yang mudah diingat oleh seseorang sehingga hal ini cocok digunakan oleh seorang presenter uuntuk menyempaikan materinya dalam bentuk bentuk seperti tiga hal tersebut sehingga munculah metode cara penyampaian dan hand out yang aplikatifdan mudah dipahami oleh audiens.(Dikutip dari buku success presentation handbook)

 

6 responses to “WIDYAISARA SUCCESS PRESENTATION (7)

  1. pa……kabar, piye ada info lain tentang WI, Om….anda wI di mana?

  2. sehat mba loetfia.. info WI belum ada… sedang dalam rencana dibukukan… saya wi di tambang dalam. sudah ujian khusus wi kah?

  3. he..he…. saya belum ambil ujian khusus WI, soalnya…..kalau ambil saya harus alih fungsi jabatan dosen ke WI, dan saya harus pindah kepegawaian ke daerah, karena sekarang status saya PNS pusat……..sementara ini saya fasilitaor diklat kerjasama dengan Dinas kesehatan daerah, mangkanya….saya butuh info banyak-banyak untuk menentukan langkah….., hehe…..biar tidak salah jalan gitu……

  4. ana widyaiswara teka gombong, mangane sega opo keju sih kok isoh pinter banget ya… sukses buat pak WI

  5. SLIDE HANYA SEBUAH ALAT BANTU PENGAJARAN
    Memang pada prinsipnya tampilan slide merupakan sebuah alat untuk membantu penyampaian materi dari sumber belajar (widyaiswara) kepada peserta didik. Alat bantuan yang tampilannya menarik diharapkan akan menumbuhkan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Namun widyaiswara yang hanya mengandalkan tampilan slide akan terjerumus dalam penyampaian materi yang hanya terkungkung sebatas apa yang terdapat dalam slide. Kerajinan membaca, pengalaman, belajar dari orang lain dan alam akan jauh memperluas wawasan dalam penyampaian materi pembelajaran, dan sudah harga mati seorang widyaiswara masa kini minimal menguasasi tampilan PP, namun sekali lagi slide bukan satu-satunya media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada hakekatnya hanya membantu penyampaian materi, sehingga waktu lebih efektif jika dibandingkan menggunakan media lain. Namun demikian penggunaan slide kurang menjadi efektif dalam proses pembelajaran yang banyak mengedepankan hitungan. Gunakanlah slide sesuai dengan situasi dan kondisinya.
    Terima kasih atas keberanian Anda untuk mengungkapkan sesuatu yang Anda miliki, walau sedikit sekalipun. Ini merupakan ladang ladang amal yang tiada terkira.
    Jajang Sumarna
    Widyaiswara Madya, BDA sukamandi, DKP>

  6. hendrisagung

    terima kasih atas kunjungannya dan masukannya. salam kenal kepada senior. Semoga sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s